Siapa Pembaca Tulisan Anda?

Image: Pixabay

Siapa pembaca tulisan Anda? Atau, siapa target pembaca Anda? Pertanyaan ini termasuk bahasan di buku Menjadi Penulis karya Puthut EA. Walaupun sudah beberapa kali mendengar topik ini, tapi membacanya di buku ini entah kenapa memberi kesan berbeda.

Puthut EA mengajak kita mendefinisikan siapa sebenarnya yang membaca tulisan kita? Terutama jika kita menulis di web atau blog seperti yang saya lakukan saat ini. Menurut Puthut, banyak penulis web yang tak tahu pasti siapa pembacanya, sehingga ia menyasar semua kalangan pembaca dan menjadi penulis yang “rakus”.

Saya rasa ini berlaku juga bagi narablog alias blogger. Blog saya ini misalnya, sudah setengah tahun berjalan dengan tulisan random tergantung mood pemiliknya. Ketika ditanya siapa—if any—pembaca blog ini, saya agak bingung juga. Haha.

Yang jelas tulisan-tulisan di blog ini tidak ditujukan atau tidak cocok dibaca oleh orang-orang tua usia 50 tahunan ke atas, menurut saya. Mungkin para ibu-ibu muda, dewasa muda, atau remaja akan lebih bisa menerima tulisan di blog ini. Tapi saya pribadi ketika menulis tidak benar-benar memikirkan siapa pembaca yang disasar.

Sepertinya ini harus mulai dipikirkan supaya bisa lebih fokus menentukan arah tulisan dan tahu apa hal-hal yang perlu saya tuliskan. Juga agar tulisan-tulisan di blog tidak terlalu random. Wkwk.

Sedikit tentang buku Menjadi Penulis, buku ini saya beli bersamaan dengan buku Catatan untuk Calon Penulis. Saya membelinya via official store Buku Mojok di Shopee. Selain dua buku ini, ada bonus sebuah buku kecil yang berisi tentang penulis nonfiksi terkenal di dunia. Buku tersebut sebenarnya sangat menarik, sayangnya, bahasa yang digunakan terlalu berat. Mungkin juga karena isinya adalah artikel terjemahan dari luar.

Sekian tulisan singkat kali ini. Jadi, siapa pembaca tulisan Anda?


#30DaysWritingChallenge
#30DWCJilid23
#Squad7
#Day14

0 Comments