Akhirnya, Berhasil Bikin Camilan!

Disclaimer: saya bukan orang yang senang memasak atau berkutat di dapur. Berkali-kali gagal membuat camilan dan seringnya mager. Namun, keajaiban terjadi akhir-akhir ini, dan akhirnya…

Hahaha.. Perlu disclaimer dulu di awal tulisan, biar ngga dikira mahir masak atau bebikinan. Karena kenyataannya saya memang males banget menghabiskan waktu di dapur. Sering merasa ga puas dengan hasil masakan. Tapi, kira-kira dua minggu belakangan ini suka tiba-tiba pingin bikin ini itu, terutama camilan. Si bocil yang biasanya ga pernah minta camilan juga tiba-tiba jadi hobi bilang, “bikin kue, yuk”.

Akhirnya, rasa ingin ngemil juga muncul dalam diri saya. Ditambah adanya wabah yang membuat saya membatasi diri order Go Food, saya pun mencoba membuat sesuatu. Ketika membuat camilan, tujuan saya bukanlah ‘enak’, tapi yang terpenting adalah ‘edible’. Hahaha.

Pertama yang saya buat adalah donat. Terinspirasi dari seorang kawan yang bilang, “Ini gampang, lho, bikinnya”. Baiklah, saya coba buktikan. Ternyata ngga segitu gampangnya juga bagi saya! Adonan donat ini ngga kunjung kalis. Bolak-balik saya tambah terigu masih ngga kalis juga. Udah dibanting-banting masih ga kalis juga. Emosi ikut bermain, bung! Wkwk.

Menyerah dengan harapan adonan menjadi kalis, saya langsung bentuk saja semampunya, diamkan, dan goreng. Alhamdulillah, edible! Dan lumayan enak! Apa resepnya? Resep aslinya bisa dilihat di link ini yaa.. Resep donat.

Nah, percobaan pertama saya ngga pakai mixer, jadi manual aja gitu aduk-aduk. Percobaan kedua pakai mixer, dan Alhamdulillah tidak menguras emosi. Ngadon jadi lebih cepat. Dan lebih bisa dibentuk. Fyi, adonan ini memang ngga kalis banget, jadi masih agak lengket gitu. Tapi pas udah digoreng enak, lembut.

Pakai selai coklat biar ala ala Jco.wkwk..

percobaan kedua, donat plain

Porsi yang saya bikin ngga sebanyak seperti di resep, cuma setengahnya aja. Bagi yang ngga punya timbangan, dan hanya mengira-ngira dengan sendok—seperti saya—bisa menggunakan konversi URT ya.. Satuan URT bisa dilihat di link ini.

Selanjutnya, selain donat, saya juga membuat brownies kukus. Percobaan pertama bantet, gaes. Padahal ada yang bilang brownies itu adalah berawal dari kue bantet, tapi ternyata brownies juga bisa bantet as in gagal ngembang. Saat itu saya mencoba resep dari cookpad yang judulnya “anti gagal”. Yah, tentu banyak faktor yang menjadikan hasil kue saya gagal. Tapi saya tidak menyerah. Cieee…wkwk..

Hasil percobaan kedua

Percobaan kedua saya mencari resep lain, dong. Saya temukan resep di IG, judulnya siy brownies oreo, tapi karena ngga ada oreo ya saya jadi brownies biasa. Ada bahan yang saya tambahkan sendiri juga walaupun ga ada di resep, dan saya hanya buat setengah porsi. Ini link brownies kukus oreo.

Sementara yang saya bikin, resepnya sebagai berikut:

Bahan: 2 btr telur
60 gr gula pasir (kurang lebih 5 sdm)
Garam sedikit
40 gram terigu segitiga biru (kurleb 4 sdm)
12 gram maizena (1 sdm)
10 gr coklat bubuk (saya pakai chocolatos 1 sdm)
¼ sdt baking powder
25 gr margarin
1 sdt SP atau emulsifier

Cara membuat:-Cairkan margarin. Sisihkan.
-Ayak tepung terigu, maizena, baking powder, dan coklat bubuk, gabungin aja jadi di satu wadah.
-Di wadah lain, kocok telur, gula, garam, dan SP menggunakan mixer sampai mengembang, warna putih gitu.
-Matikan mixer, campurkan tepung yang sudah di wadah pertama tadi ke dalam adonan telur, pelan-pelan, aduk manual pakai spatula.
-Terakhir masukkan margarin yang sudah cair tadi.
-Aduk sampai rata. Masukkan ke loyang ukuran kecil karena Cuma sedikit ini adonannya, kira-kira 10cm x 20cm x 3 cm mungkin. Karena ngga punya kertas roti, saya olesi Loyang pakai margarin.
-Kukus selama kurang lebih 20 menit. Tentu saja pas masukin adonan itu panic kukusannya sudah panas, yak. Selama mengukus, apinya kecil aja, bukan yang paling bawah, kecil deh pokoknya.
-Setelah 20 menit, insyaallah sudah mengembang.

Saya sampai heboh sendiri waktu lihat brownies ini mengembang. Setengah ngga percaya, saking ngga pernah berhasil. Hahaha.

Akhir kata, resep anti gagal adalah resep yang dicoba berkali-kali, so, selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Resensi Novel "Represi"

Pengalaman Kuret Setelah Melahirkan

Lima Hal yang Membuat Bartimaeus Trilogy Menarik