Creative Writing with Rijo Tobing


Malam ini sungguh berbeda dan membahagiakan. Pasalnya malam ini saya mengikuti kelas online melalui Zoom. bisa dibilang ini adalah pertama kalinya saya mengikuti kelas online via Zoom. Topiknya tentang creative writing, dengan narasumber Mba Rijo Tobing. Siapakah Mba Rijo Tobing? Saya pernah menulis tentang sesi Kenal Lebih Dekat di KLIP dengan Mba Rijo, tapi belum diunggah ke blog, dan hari ini langsung ada kelas online dengan beliau. Sungguh bahagia! Alhamdulillah..

Creative writing. Ternyata selama ini saya masih banyak salah kaprah tentang frasa ini. Creative writing saya kira hanya berlaku pada tulisan fiksi. Ternyata tidak, gaeess. Inti creative writing adalah bercerita, merangkum dan menyampaikan data dan fakta melalui cerita.

Nah, supaya cerita yang disampaikan ini terstruktur dan enak dibaca, maka harus disusun secara deduktif atau induktif. Ini pernah dipelajari di bangku sekolah, ya. Tapi entah kenapa, kok, lupa aja gitu. Paragraf deduktif adalah paragraf yang inti bahasannya ada di awal, sedangkan induktif ada di akhir. Yang saya senang, contoh yang diberikan Mba Rijo ini beda dengan yang di sekolah, lho. Jadi lebih paham bahwa deduktif itu bisa begitu, dan induktif begini. Eh, gitu lah ya maksudnya. Wkwk.

Kemudian ada empat elemen utama yang harus ada dalam creative writing, yaitu karakter, setting (latar tempat dan waktu), alur, dan tujuan. Fokus pada empat ini dan creative writing sudah bisa terbentuk. Bahkan sebuah iklan baris pun bisa disebut creative writing.

Selanjutnya Mba Rijo memberi tips seputar menjaga mood menulis, dan pengalaman dalam menerbitkan buku. Senang sekali menyimak paparan Mba Rijo, menyadarkan diri untuk “just do it”. Karena dari eksekusi itu akan terbentuk pengalaman dan pelajaran berharga. Ada satu pesan yang powerful disisipkan oleh Mba Rijo, “ini saatnya kita berubah dari passion menjadi mastering”. Beuh!

Semoga ini menjadi awal untuk mulai semangat menulis lagi. Everything just come in time for me to write, all over again. Terima kasih banyak Mba Rijo! Oiya, kalian bisa baca-baca tulisan Mba Rijo di www.rijotobing.wordpress.com yaa.

Semangaaattt!


#creativewriting
#writingfromhome
#KLIP

Comments