Mencatat Ke-random-an: Kerennya Buku Robocar Poli

Sesungguhnya saya terinspirasi dari judul kumcer Mba Rijo, Randomness Inside My Head. Hal-hal yang random jika diseriusi ternyata bisa jadi karya. Oleh karena itu, se-random apa pun ide yang muncul, saya akan berusaha tulis saja. Siapa tahu suatu hari bisa bermanifes menjadi buku. Hehe


Ada beberapa hal random yang terlintas akhir-akhir ini. Pertama, saya kagum sekali dengan buku Robocar Poli. Ya, buku Robocar Poli asal Korea Selatan yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.


Apa kerennya buku ini? Jadi, buku Robocar Poli ini ada yang buku cerita bergambar seperti pada umumnya, ada yang buku stiker. Rata-rata untuk anak balita. Kerennya, baik di buku cerita bergambar maupun buku stiker, selalu mengangkat tema-tema keselamatan anak. Di salah satu buku cerita, misalnya, dijelaskan bagaimana anak-anak harus selalu memakai sabuk pengaman, saat musim panas jangan berlama-lama di luar, dsb. 


Di bagian belakang juga dijelaskan tips keselamatan berdasarkan tema, misal tentang keselamatan berkendara. Juga ada data-data yang mendukung agar orang tua paham pentingnya menjaga keselamatan anak di mana pun.


Di buku stiker malah lebih detil. Ada tentang keselamatan di rumah, anak-anak diminta menempelkan stiker bertuliskan “Panas” di gambar benda-benda yang panas seperti kompor, setrikaan, air panas, dll. Maksudnya agar anak-anak mengerti bahwa benda-benda tersebut panas dan bukan untuk main-main.


Kemudian cara menyikapi orang asing di luar rumah. Anak-anak diajarkan untuk tidak begitu saja menolong orang asing (walaupun itu nenek-nenek atau kakek-kakek), dan meminta orang tersebut agar minta tolong pada orang dewasa. Ada stiker yang bertuliskan nomor-nomor telepon darurat, misal nomor telepon polisi dan pemadam kebakaran. Anak-anak diminta menempelkan nomor sesuai adegan yang terjadi di gambar.


Tentu ada juga tips melindungi diri saat gempa, apa-apa saja yang harus dilakukan. Ini untuk anak-anak, lho. Tokohnya juga anak-anak. Sangat edukatif bukan? Saya saja sebagai orang dewasa merasa buku ini informatif sekali, tidak hanya untuk permainan. Buku Robocar Poli ini juga direkomendasikan oleh doktor ilmu pendidikan balita di Korea sana.


Jadi ingat ketika minggu lalu saya dan suami menonton film Korea berjudul Exit, suami nyeletuk, “Orang sana tuh udah langsung ngerti ya kalo keadaan darurat harus ngapain.”


Setelah melihat buku Robocar Poli ini jadi nggak heran. Sejak kecil mereka sudah diedukasi mengenai keadaan darurat. Ini salah satu bentuk mitigasi bencana yang sangat penting, sih, memang. 


Indonesia rasanya perlu juga buku-buku semacam ini. Sepertinya masih kurang banyak, atau saya yang tidak tahu? 



Comments

  1. Baru tau kalau ada versi bukunya, taunya cuma serial buat anak2nya aja. Waktunya memberikan robocar poli buat jadi tontonan kalau gitu hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, kartunnya juga oke, tapi bukunya emang edukatif banget siy.. sampe heran juga lho, karena bisa se-edukatif itu tanpa ngebosenin atau terkesan menggurui.. kok beda sm buku anak2 keluaran lokal mnurutku..

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Resensi Novel "Represi"

Pengalaman Kuret Setelah Melahirkan

Lima Hal yang Membuat Bartimaeus Trilogy Menarik