The Power of Togetherness


Alhamdulillah, tantangan menulis 30 Days Writing Challenge Jilid 21 yang saya ikuti akhirnya mencapai garis akhir. Eh, entah sih, apakah ini beneran akhir atau bukan. Tapi hari ini adalah hari ke-30 sejak tantangan menulis pertama di tanggal 11 Desember 2019.

Berbagai tema telah ditulis, baik fiksi maupun non-fiksi, demi mewujudkan harapan setoran 30 tulisan dalam dalam 30 hari. Tak asal tulis, setiap tulisan minimal 200 kata, lho. Selain itu ada sesi feedback juga dari peserta lain, jadi tulisan kita bisa mendapat saran dan diperbaiki terus.

Apa yang paling berkesan? Bagi saya, bisa bertahan di grup 30 DWC tanpa tereliminasi saja sudah sangat berkesan. Pasalnya, saya belum pernah konsisten menulis selama sebulan penuh. Paling maksimal pernah hanya sampai 20 hari, itu pun tidak semua tulisan mencapai 200 kata. Jadi, 30 DWC ini berkesan sekali.

Apa yang membuat saya bisa bertahan menulis 30 hari? Alhamdulillah, atas izin Allah, saya masuk di Squad 4 dengan ketua kelompok (guardian) yang penuh kepedulian. Kak Fithrah selaku guardian pernah menjapri saya ketika saya telat menyetor tulisan. Terima kasih, ya, Kak! Karena Kak Fithrah ini juga seorang ibu, jadi alasan saya “ketiduran” atau “nunggu anak tidur” dapat diterimanya. Haha.

Selain itu, dukungan dari teman-teman seperjuangan saya di Squad 4, Albi, Efrian Rayendra, Ilmi Anna, Melia Handayani, Ria Septiyana, dan Syafril Agung. Selamat kepada teman-teman yang berhasil menyelesaikan 30 DWC Jilid 21 dengan baik! Ada yang tak pernah telat setoran, lho. Sungguh luar biasa.

Tentunya terima kasih banyak kepada para mentor @rezky_passionwriter dan Kak @rizkamamalia. Beserta superteam kak @sarikusumaway dan @spriscadewii. Semoga semangat dan ilmu yang disampaikan bisa terus bermanfaat dan menjadi amal jariyah. Amin.
 
Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. Hal itu yang saya rasakan, termasuk saat menulis. Ketika bersama-sama menulis untuk mencapai satu tujuan, satu target, maka semangat akan lebih besar.

Ada semangat yang menular, ada asa yang digenggam bersama.
Semoga semangat dan cinta menulis ini akan terus membara.

#30DWC
#30DWCJilid21
#Day30
#Squad4
#ImWritingInLove

0 Comments